DAMPAK YANG AKAN DITIMBULKAN DARI KRIM PEMUTIH WAJAH YANG MENGANDUNG MERKURI

December 8, 2020   |   by berkah

DAMPAK YANG AKAN DITIMBULKAN DARI KRIM PEMUTIH WAJAH YANG MENGANDUNG MERKURI

Memiliki kulit wajah yang putih dan glowing pastinya menjadi dambaan oleh para wanita. Banyak cara yang sudah mereka lakukan untuk mendapatkan hal tersebut. Bahkan tak sedikit wanita yang rela menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan wajah. Bahkan banyak juga wanita yang mencerahkan kulit dengan menggunakan berbagai produk krim. Namun perlu anda ketahui, saat ini sudah banyak krim pemutih abal-abal yang dijual secara bebas. Padahal krim tersebut belum BPOM dan mengandung banyak bahan kimia berbahaya seperti merkuri. Merkuri dijadikan dalam produk pemutih karena mampu menghambat pembentukan melanin. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah dalam waktu yang sangat singkat. 

Namun perlu anda ketahui, walaupun akan memutihkan kulit dengan waktu yang singkat. Penggunaan merkuri secara terus menerus akan sangat berbahaya bahkan berdampak buruk. Merkuri bersifat korosif pada kulit, sehingga jika digunakan terus menerus akan membuat lapisan kulit semakin menipis. Selain itu masih banyak lagi dampak yang bisa diakibatkan dari penggunaan merkuri tersebut. Adapun beberapa penggunaan merkuri tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Iritasi pada bagian kulit

Penggunaan merkuri akan dapat menyebabkan iritasi dan juga gangguan masalah ringan pada kulit. Biasanya ditandai dengan gejala gatal-gatal, kulit memerah dan ruam yang terjadi pada kulit. Untuk itu jika anda mengalami gejala-gejala tersebut ketika setelah pemakaian produk yang anda miliki. Maka sebaiknya anda berhenti untuk memakainya dan berkonsultasi ke dokter. 

  • Membuat kulit semakin pucat dan flek

Penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri memang akan membuat kulit menjadi putih dengan sekejap. Namun hal itu hanya bersifat sementara, sebab penggunaan merkuri lama kemalaman malah akan membuat wajah menjadi putih pucat. Bahkan akan membuat wajah mengalami masalah baru seperti flek hitam. 

  • Kerusakan ginjal

Tak hanya kerusakan pada kulit, penggunaan krim pemutih dalam jangka panjang juga bisa berdampak pada kesehatan organ tubuh. Salah satu dampak yang bisa ditimbulkan yaitu terganggunya fungsi ginjal. Selain itu penggunaan krim pemutih yang mengandung merkuri dalam jangka panjang juga bisa mengganggu sistem saraf. Bahkan jika ibu hamil yang menggunakan akan menyebabkan kelainan fungsi otak pada janin. 

  • Hipertrikosis

Penggunaan krim pemutih yang mengandung merkuri dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan hipertrikosis. Yaitu keadaan dimana muncul rambut-rambut halus atau bulu di bagian wajah. Dalam waktu jangka panjang, bulu tipis tersebut akan semakin jelas dan lebat. Bahkan kandungan merkuri tersebut dapat membuat pembuluh darah terlihat di permukaan kulit wajah. Karena lapisan kulit yang menipis bahkan bisa menyebabkan luka.

  • Dapat menyebabkan kanker kulit

Dampak terburuk yang bisa diakibatkan dari penggunaan merkuri yaitu dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit. Kandungan merkuri yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan virus kanker bahkan membuatnya menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini disebabkan karena kulit tidak mampu mengolah dan menyehatkan dirinya karena merkuri tersebut. Kanker kulit awalnya dimulai dari benjolan di wajah seperti jerawat. Kemudian akan terdeteksi jika sudah 1 sampai beberapa tahun setelah pemakaian. 

Nah demikianlah beberapa dampak berbahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan krim pemutih yang mengandung merkuri. Dampak tersebut akan terjadi dalam penggunaan krim jangka panjang. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, maka pilihlah krim pemutih yang sudah BPOM. Untuk lebih aman lagi sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan. 

Leave Your Comment