CARA MENANGGULANGI BENCANA BANJIR

November 21, 2020   |   by berkah

CARA MENANGGULANGI BENCANA BANJIR

Bencana banjir bisa terjadi akibat ulah manusia sendiri. Padatnya penduduk dan kurangnya resapan air dapat menyebabkan bencana banjir. Bencana tersebut bisa kita deteksi sendiri. Tentu saja saat hujan yang berlangsung selama berhari-hari. Hujan yang begitu deras mengakibatkan sungai menjadi penuh dengan air. sehingga air tersebut dapat meluap ke daratan. Selain dari sungai, air juga dapat meluang dari resapan air. Resapan air dapat berupa tanah. Jika daerah tersebut banyak taman dan pohon-pohon tentu saja tidak akan terjadi banjir. Namun sebaliknya, jika lingkungan tersebut banyak jalan di aspal atau di cor dan hanya terdapat sedikit pohon tentu saja daerah tersebut akan terjadi banjir. Ditambah jika masyarakat membuang sampah secara sembarangan. 

Tips Menanggulangi Banjir

Membuang sampah secara sembarangan dapat mengakibatkan banjir. Sebab sampah yang dibuang di sungai akan menyumbat arah laju sungai dan menyebabkan air meluap ke segala arah keluar dari sungai. Kita perlu kesadaran yang tinggi akan tentang lingkungan hidup. Tentu saja, kita juga harus menjaga lingkungan kita agar tetap bersih. Jika lingkungan kita saja tidak bersih bagaimana bisa menghindari banjir. Selain itu, kita juga harus menumbuhkan rasa cinta kepada lingkungan agar kita juga bisa mendapatkan dampak yang baik. Sehingga tidak akan ada lagi yang namanya banjir dan lingkungan kotor. Nah inilah tips yang dapat menanggulanginya:

  • Membuang sampah di tempatnya

Hal yang pertama ini memang telah disarankan kepada masyarakat. Namun banyak masyarakat banyak yang masih ngeyel dan susah untuk diperingati. Membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor. Tidak hanya itu, sampah-sampah tersebut dapat menimbulkan penyakit ke orang-orang. Maka dari itu buanglah sampah ditempat sampah yang telah tersedia. Apalagi kesadaran masyarakat sangat penting untuk menghindari bencana. 

  • Melakukan reboisasi

Reboisasi adalah penanaman kembali pohon atau hutan yang telah digunduli. Nah, jika lingkungan kamu tandus bukankah akan terlihat gersang dan panas. Tidak hanya itu, lingkungan juga akan banyak tercemar oleh polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru. Nah, untuk itu kita perlu menumbuhkan kesadaran masyarakat dengan melakukan sosialisasi dan melakukan reboisasi. Dengan begitu akan semakin banyak pohon semakin bersih pula udara di lingkungan kita. 

  • Tidak membuat rumah di pinggir sungai

Rumah di pinggir sungai lebih rentan terkena banjir. Nah, jika mengetahui hal itu sebaiknya kamu mendirikan rumah yang lingkungannya memiliki banyak pohon dan masih banyak resapan air. sebab jika banjir tiba air di sungai akan meluap dan juga menyebar ke daratan dan terjadilah banjir. Jika tidak ada rumah di tepi sungai pastinya tatanan rumah menjadi rapi. Tentu saja kamu tidak akan lagi menemukan lingkungan yang kumuh dan kotor. Kamu bisa menjaga kebersihan lingkungan agar terlihat bersih dan enak dilihat oleh mata. 

Nah, itulah beberapa tips menanggulangi banjir yang dapat kamu lakukan. Banjir memang sudah menjadi permasalahan tersendiri bagi warga yang hidup di kota. maka dari itu kamu jangan menebang pohon dan buang sampah secara sembarangan. Dengan begitu lingkungan juga akan bersih dari sampah dan juga jika air di sungai akan bening dan terlihat ikan-ikan yang hidup. Menanam banyak pohon juga bisa mengurangi polusi udara karena asap kendaraan. Kita juga harus selalu mengingatkan semua orang yang memiliki kebiasaan buruk terhadap lingkungan sekitar. Dengan begitu kita juga dapat menghindari penyakit dan hidup dengan aman serta damai. 

Leave Your Comment