BARANG ALTERNATIF PENGGANTI PLASTIK

December 30, 2020   |   by berkah

BARANG ALTERNATIF PENGGANTI PLASTIK

Plastik merupakan salah satu alasan adanya banyak sampah di sekitar lingkungan kita. Plastik disini berperan sebagai wadah apapun mulai dari wadah makanan, barang ataupun minuman. Plastik tentu saja sangat berguna sebagai wadah kemasan apapun barangnya. Namun perlu kita tahu bahwa plastik sangat merugikan kita juga. Sampah plastik mayoritas tidak bisa di daur ulang. Sehingga hanya bisa dibuang begitu saja. Tidak hanya itu, sampah plastik adalah sampah yang paling lama terurai oleh tanah bahkan bisa sampai beribu-ribu tahun lamanya. Sehingga plastik tidak bisa kita musnahkan dalam sekejap mata. Maka dari itu kita perlu mengurangi penggunaan plastik untuk kehidupan sehari-hari. 

Beberapa Barang Alternatif Yang Dapat Menggantikan Plastik

Sampah plastik merupakan persoalan yang tidak akan ada habisnya. Sebab ada saja setiap saat terdapat masalah yang disebabkan oleh sampah plastik. Dalam sehari manusia bisa menggunakan sampah plastik yang sangat banyak dalam sehari. Jika sampah plastik masih terus digunakan bisa saja di masa depan bumi hanya dipenuhi dengan sampah plastik. Pastinya sebagai manusia kita harus sadar akan kelangsungan hidup manusia di masa yang akan datang. Sehingga kita patut membantu mengurangi pencemaran lingkungan seperti mengurangi penggunaan plastik adalah hal yang tepat. Maka dari itu kita harus mengganti plastik dengan alat-alat yang ramah lingkungan tentunya. Nah inilah beberapa barang alternatif yang dapat menggantikan plastik:

  • Sedotan stainless steel

Sedotan plastik merupakan sampah plastik yang juga banyak berkontribusi dalam penumpukan sampah plastik. Hal ini tentu saja dapat beresiko juga bagi kesehatan manusia. Sehingga kita perlu mengurangi atau mengganti penggunaan sedotan plastik. Sedotan plastik bisa kita ganti dengan sedotan stainless steel. Jenis sedotan ini menjadi tren di kalangan masyarakat karena memiliki bentuk dan juga warna yang unik. Sedotan ini tentu saja sangat ramah lingkungan karena bisa dipakai secara berulang kali dan tidak menyebabkan penumpukan sampah. Sehingga kita juga harus berpartisipasi dalam mengurangi sampah plastik dengan menggunakan sedotan stainless steel. 

  • Sikat gigi bambu

Biasanya orang-orang akan mengganti sikat gigi dalam jangka waktu 3 sampai 4 bulan sekali. Tentu saja jika sudah melewati batas tersebut, sikat gigi tersebut akan dibuang dan sudah tidak digunakan lagi. Pastinya hal tersebut dapat menimbulkan sampah plastik. Nah, kita bisa menggantinya dengan sikat bambu. Sebab sikat ini tentu saja lebih ramah lingkungan. Sikat gigi ini pastinya lebih aman daripada sikat gigi biasanya. Karena mengandung bahan-bahan yang terbuat dari alam seperti bulu sikat tersebut 60 persen terbuat dari minyak biji jarak. Selain itu batang sikat gigi tersebut terbuat dari bambu asli. sehingga sangat aman untuk digunakan. 

  • Alat makan yang terbuat dari kayu

Biasanya sendok dan garpu menggunakan bahan aluminium untuk digunakan saat makan atau minum. Namun tentu saja kita bisa mengganti alat tersebut menggunakan sendok dan garpu yang terbuat dari kayu. Selain ramah lingkungan jenis alat makan ini akan lebih aman jika untuk mengambil makanan karena sangat alami. 

  • Tas belanja kain

Biasanya ketika kita belanja pasti wadah nya menggunakan plastik. Kita harus mengganti plastik tersebut menggunakan tas belanja yang terbuat dari kain. Selain ramah lingkungan, jenis tas ini bisa dicuci dan dipakai kembali. sehingga kita dapat mengurangi penggunaan sampah. 

Nah, inilah beberapa barang yang dapat menggantikan sampah plastik. Selain itu, sampah plastik dapat menimbulkan penyakit pada tubuh manusia sehingga kita harus mengurangi penggunaannya. 

Leave Your Comment